Cara Membersihkan RAM Android Tanpa Aplikasi

Performa ponsel Android mulai mengalami penurunan kecepatan setelah digunakan dalam beberapa waktu tertentu. Akses yang lemot dan melambat pun tak bisa dihindarkan. Salah satu biang keladi penyebab masalah ini adalah penuhnya RAM pada smartphone. Oleh karena itu, optimasi RAM sangatlah penting untuk ponsel pintar kita.

RAM merupakan perangkat keras, istilah kerennya hardware. Secara logika, untuk menambah kapasitasnya tentu RAM harus diganti. Tetapi ini tidak bisa dilakukan sebab RAM termasuk piranti keras yang tertanam di smartphone. Apakah ada tempat servis handphone yang menawarkan jasa penambah RAM? Pernah dengar? Tidak ada bukan?

Jadi, kita nggak bisa menambah jumlah RAM asli standar yang dikeluarkan oleh pabrikan. Yang bisa kita lakukan adalah mengurangi, menghapus, mengosongkan, ataupun membersihkan RAM yang terpakai. Dengan demikian, kinerja smartphone kita dapat kembali normal dan lancar seperti sediakala.

Cara Membersihkan RAM Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Tips Optimasi RAM Android 1
Cara membersihkan RAM Android tanpa aplikasi
Cara mengurangi dan mengosongkan ram pada Android

  • Masuk ke menu settings atau pengaturan di Android kita
  • Skroll atau gulir ke bagian pengaturan aplikasi
  • Geser ke sebelah kanan dan terus sampai berada di bagian “menjalankan” aplikasi atau running
  • Ketuk bagian “pilihan” sampai ada opsi untuk membersihkan
  • Nah kalo udah muncul, langsung saja klik “bersihkan” untuk memulai proses pembersihan
  • Tunggu hingga proses selesai, kemudian kita dapat melihat status berapa jumlah RAM bebas di bawah kanan layar

Catatan; mungkin tidak semua Android bisa menggunakan trik ini. Dicoba saja, jika tidak bisa, silahkan menggunakan tips berikutnya.

Tips Optimasi RAM Android 2

  • Masuk ke menu settings atau pengaturan atau setelan
  • Masuk ke bagian manage applications atau Apl atau aplikasi
  • Ketika sudah disini ada banyak daftar aplikasi yang terinstall di Android. Kita bisa memilih aplikasi-aplikasi tersebut untuk membersihkan cache nya satu persatu secara manual.
  • Masuk ke aplikasinya, kemudian tekan “clear cache”. Proses optimasi RAM dengan pembersihan cache aplikasi ini akan memberikan dampak meningkatnya jumlah RAM yang tadinya kepenuhan. Dengan kata lain jumlah free RAM menjadi lebih lega.
  • Jika melihat ada aplikasi yang tidak penting tapi berjalan di background, kita juga bisa menutupnya dari sini, lihat gambar contoh screenshoot terakhir di bawah. Caranya dengan menekan force stop atau kill process atau hentikan aplikasi atau kalimat yang mirip seperti itu. Duh, susah juga yah, karena kadang-kadang ponsel keluaran vendor berbeda maka bahasanya pun terkadang tidak sama.

Cara menghapus ram yang penuh pada Android
Cara membersihkan ram pada Android
catatan; tips membersihkan ram satu ini hanya dengan membersihkan bagian cache nya saja. Ingat, jangan menghapus bagian data. Jika menghapus data apa yang terjadi? Ambil contoh misalnya kita clear data untuk aplikasi bbm, maka history chat akan hilang. Ketika membuka bbm, kita juga diminta untuk login kembali dengan memasukkan bbid dan passwordnya.

Sebetulnya ada langkah sederhana sebagai cara untuk mengoptimalkan penggunaan RAM Android ini. Apa itu? Menutup aplikasi setelah tidak digunakan lagi. Mungkin ini adalah masalah kebiasaan. Jadi, tiap kali selesai menggunakan aplikasi ataupun berpindah ke aplikasi lain dengan multitasking, banyak diantara kita tidak sadar jika aplikasi yang dipakai sebelumnya belum ditutup sepenuhnya. Hal ini mengakibatkan aplikasi tersebut tetap aktif di belakang layar sehingga konsumsi RAM semakin tinggi. Akibatnya, pemakaian memori RAM pun akan semakin penuh atau terkuras. Jika aplikasi tersebut memang sering digunakan, maka tidak masalah jika tidak ditutup. Misalnya saja aplikasi instant messenger seperti bbm atau whatsapp, ini tidak perlu ditutup.

Bagaimana Pendapat Anda?