Trik Jitu Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Memindahkan Aplikasi ke Memori Kartu

Masalah yang sering dihadapi oleh para pengguna android adalah masalah ruang penyimpanan internal yang penuh akibat terlalu banyak aplikasi yang diinstall. Terutama bagi kita penggemar game. Seperti yang kita ketahui bahwa memory internal yang biasa kita pergunakan untuk menyimpan data hp dan beberapa aplikasi tersebut kapasitasnya terbatas. Jika memori handphone semakin banyak datanya, maka akan mengakibatkan android kita menjadi lemot dan lelet. Namun, masalah tersebut masih bisa diatasi, yakni dengan memindahkan aplikasi ke kartu Sd.

Berbeda halnya dengan penyimpanan eksternal, kita bisa mengganti kapasitas penyimpanannya sesuai dengan keinginan kita. Jika ingin menambah besarnya kapasitas penyimpanannya, kita tinggal membeli kartu SD yang memiliki size lebih besar. Kebanyakan orang menganggap kartu SD hanya dapat digunakan untuk menyimpan file foto, video, mp3 dan lainnya. Namun, tidak banyak yang mengetahui jika kartu memori juga mampu menyimpan aplikasi. Jadi, untuk mengurangi pemakaian memori internal agar ponsel kita lebih responsive dan tidak lambat saat digunakan. Lantas, bagaimana trik langkah-langkah pemindahannya?

Cara Memindahkan Aplikasi dari Memori Internal ke Memory Eksternal SD Card

Menggunakan Fitur Bawaan Android

Cara memindahkan aplikasi ke sd card
Memindahkan aplikasi ke kartu SD secara manual ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur bawaan pada android itu sendiri. Caranya adalah dengan masuk ke menu setting, kemudian pilih menu aplikasi. Setelah itu pilih aplikasi yang ingin kita tangani kemudian tekan “pindah ke kartu SD”. Tunggu sebentar sampai tulisan berubah menjadi “pindah ke penyimpanan ponsel”. Jika telah muncul kata tersebut berarti kita telah berhasil memindahkan aplikasi ke kartu SD kita. Akan tetapi, fitur ini kebanyakan tidak dapat berfungsi sempurna karena kadangkala hanya sebagian data aplikasi saja yang bisa dipindahkan.
Cara memindahkan aplikasi ke kartu sd dengan root dan tanpa root

Selain fitur bawaan di atas, jika kamu sudah memakai android 6.0 atau Marshmallow, kita bahkan dapat menjadikan kartu SD sebagai peyimpanan internal. Namun hal itu hanya berlaku pada android 6.0.

Link2SD

Cara memindahkan aplikasi Android ke sd card
Link2SD merupakan aplikasi yang dapat membantu kita memindahkan aplikasi ke kartu SD. Untuk menjalankan aplikasi ini, terlebih dahulu kita mendownload aplikasi Link2SD ini kemudian menginstallnya ke dalam ponsel kita. Setelah itu, buka aplikasi Link2SD yang telah terinstall. Pilih aplikasi yang ingin kita pindahkan ke kartu SD dengan mencentang aplikasi yang kita inginkan. Kemudian pilih ok, dan secara otomatis aplikasi yang awalnya berada di penyimpanan internal akan berpindah ke penyimpanan kartu eksternal.

Folder Mount

Cara memindahkan game ke sd card
Folder Mount juga merupakan salah satu aplikasi yang mampu memindahkan aplikasi ke kartu SD. Caranya juga sama dengan sbelumnya, sebelum kita melakukan perpindahan pastikan kita telah memiliki aplikasi ini pada ponsel kita. Jika belum kita harus mendowloadnya di playstore kemudian menginstalnya ke ponsel kita. Buka apalikasi folder mount kemudian pindahkan folder yang berisi aplikasi ke kartu SD.

Pada prinsipnya, aplikasi ini mengijinkan kita untuk memindahkan folder yang berisi game atau aplikasi lainnya ke kartu SD serta membuat folder tersebut tetap terbaca oleh sistem sehingga game dan aplikasi yang dipindahkan tadi masih dapat dibuka. Namun terdapat beberapa keurangan, yakni perangkat android kita harus di-root terlebih dahulu, kita hanya dapat memindahkan 3 folder pada versi gratisnya selebihnya kita harus membayar versi Pro nya. Selain itu, kita juga harus memindahkan folder yang ingin kita pindahkan satu persatu jika setiap aplikasi game yang kita miliki memiliki folder OBB

OBB on SD

Cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal sd card
Aplikasi lainnya untuk memindahkan aplikasi ke kartu memori adalah OBB on SD. Jika kita sering mengunduh game berukuran besar, bukan dari palystore, kita pasti mengetahui folder OBB. Bagian dari folder OBB ini biasanya berisi data game yang ukurannya besar namun harus diinstall. Folder OBB ini juga terkadang bisa sampai bergiga-giga lho. Nah, menggunakan aplikasi OBB on SD ini kita dapat menaruh semua folder OBB di kartu SD untuk menghemat space storage internal.

Kekurangan dari aplikasi ini selain harus di root, kita juga harus menginstal Xposed Framework. Akan tetapi, Xposed Framework ini bisa jadi menjadi masalah baru. Hal ini karena terdapat banyak game-game rilisan publisher Korea yang tidak mengizinkan gamenya dijalankan jika ia mendeteksi aplikasi ini.

Silahkan dipraktekkan. Cara memindahkan aplikasi dari memori internal ke kartu SD ini sangat mudah dilakukan. Silahkan coba salah satu dari langkah diatas. Dengan dilakukannya proses pemindahan file data baik aplikasi maupun game ke SD card ini, diharapkan akan mengatasi masalah memory storage penyimpanan Android yang kepenuhan.

Bagaimana Pendapat Anda?