Cara Mengirim Aplikasi Melalui Bluetooth

Berbagi Aplikasi dan Game Via Bluettoth
Android merupakan sebuah sistem operasi yang berbasis linux untuk telephone selular seperti halnya smartphone dan computer tablet yang telah dikembangkan oleh google. Android sendiri sangat menarik baik dari segi tampilan yang simple, elegan, dan juga terdapat aplikasi-aplikasi seru lainnya baik game ataupun social media.

Aplikasi yang ada biasanya dapat diunduh di aplikasi playstore yang terdapat pada ponsel android kita. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut kita harus terhubung dengan internet atau wifi agar aplikasi yang kita inginkan dapat kita unduh. Namun ada kalanya ketika kita menginginkan aplikasi tanpa mendownload pada playstore terutama jika ukuran aplikasi tersebut sedikit besar tentu hal itu akan cepat membuat data kita cepat habis. Nah berfikir untuk mendapatkan aplikasi melalui cara lain.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa aplikasi yang telah diinstal sebetulnya dapat dikirim melalui Bluetooth. Saat ini, telah banyak developer muda yang membuat aplikasi terbaik dan bagus yang memungkinkan untuk memindahkan aplikasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya menggunakan koneksi Bluetooth yang terdapat pada kebanyakan ponsel. Dengan demikian, kita dapat mentransfer file aplikasi atau game apapun ke sesama ponsel Android teman kita. Pengiriman yang memanfaatkan konektivitas via Bluetooth ini dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus menggunakan koneksi data atau wifi. Jadi, akan terasa lebih hemat bukan?

Cara Kirim Aplikasi Lewat Bluetooth

Share cloud atau share apps

Share cloud atau share apps merupakan aplikasi handal yang berfungsi untuk mengirim file, aplikasi, dan dokumen kepada pengguna android lainnya melalui konektivitas Bluetooth. Dengan syarat, aplikasi yang ingin kita bagikan adalah aplikasi yang telah terinstall pada Android kita.
Cara kirim aplikasi dan game dari bluetooth
Cara menggunakan share apps ini juga cukup mudah. Selain itu, ukurannya pun cukup kecil, kurang dari 3 MB saja. Selain dapat berbagi melalui Bluetooth, share apps juga mampu mengirim installation package(APK) lewat E-mail, Whatapp, Dropbox, Facebook, Google Drive, dan lainnya. Dengan banyaknya pilihan ini tentu membuat kita semakin leluasa dalam menentukan pilihan.

Pada prinsipnya cara kerja share apps ini adalah mengkopy atau menyalin semua file-file apk yang telah terinstall pada sebuah folder. Kemudian dari sanalah paket aplikasi dapat dikirimkan melalui Bluetooth secara lengkap. Tahap-tahapnya bisa diterapkan seperti panduan dibawah ini.
Cara kirim aplikasi android via bluetooth
Langkah-Langkah Mengirim Aplikasi / Game Dari Bluetooth

  • kita perlu memastikan share apps sudah terinstal pada android kita. Jika belum kita dapat mendownloadnya pada playstore. Kemudian install pada ponsel kita.
  • Buka aplikasi share apps, kemudian pilih aplikasi yang ingin kita kirim. Setelah itu klik icon “share” dan pilih jalur pengiriman yakni Bluetooth.
  • Akan tampil pesan untuk mengaktifkan Bluetooth kita, jika Bluetooth kita belum aktif. kita juga perlu memastikan penerima aplikasi sudah menyalakan bluetoothnya.
  • Transfer aplikasi akan berjalan dan ponsel penerima akan menerima pemberitahuan untuk mengizinkan berbegi lewat Bluetooth. Tekan “terima”.
  • Terakhir, kita tunggu proses pengiriman selesai, setelah itu aplikasi dapat diinstall pada ponsel penerima.
  • Jika kita ingin mengirimkan lebih dari satu aplikasi, kita dapat menkitai aplikasi apa saja yang hendak kita kirim. Yakni dengan pilih “send” kemudian akan muncul beragam aplikasi yang telah terinstall pada ponsel kita. Centang aplikasi yang ingin kita kirim kemudian pilih motre dan pilih Bluetooth.

Demikian adalah cara mengirimkan file berupa aplikasi ke sesama android menggunakan konektivitas bluetooth dengan bantuan share apps. Dengan metode berbagi file ini, kita tidak perlu bingung lagi jika ingin mendapatkan aplikasi ataupun game yang telah terinstall di ponsel teman kita. Keunggulan lainnya adalah pihak penerima tidak harus sama-sama memiliki share apps ini. Karena proses berjalan dengan Bluetooth.

Selain menggunakan share apps terdapat juga aplikasi lain yang dapat kita gunakan untuk mengirim berbagai file yakni shareit. Aplikasi berbagi ini juga tidak memerlukan data atau wifi pada saat menjalankannya. Namun, jika kita menggunakan shareit penerima juga harus memiliki aplikasi shareit, jika tidak maka berbagi file tidak akan dapat dilakukan.

Bagaimana Pendapat Anda?