Cara Upgrade BBM Tanpa Menghilangkan Kontak

Mungkin diantara kita akan bertanya-tanya, jika bbm diperbarui apakah kontak akan hilang? Lantas, bagaimana cara upgrade bbm agar kontak tidak hilang. Rasa khawatir seperti ini sangat lumrah. Kumpulan pin kontak yang sudah disimpan jika tiba-tiba raib tentu akan membuat kita kerepotan untuk menambahkannya kembali. Apalagi jika kita aktif menggunakan bbm sebagai alat komunikasi utama yang telah memiliki banyak teman. Bagaimana cara mengembalikan kontak bbm Android yang hilang? Perlu diinstal ulang kah? Perlu downgrade kah?

Sebetulnya jika kita menggunakan Android, maka daftar kontak bbm tidak akan hilang. Ketika upgrade, downgrade, maupun saat memperbarui aplikasi bbm maka data kontak tetap aman. Ini hanya masalah persepsi saja. Kita tahu jika aplikasi BlackBerry Messenger pada Android menggunakan BBid. BlackBerry Id atau bbid ini merupakan identitas unik sebuah akun BBM. Semua kontak yang kita simpan di handphone pada dasarnya juga disimpan diserver BBM. Jadi, tak perlu khawatir jika kontak bbm raib saat diupdate ke versi baru/lama.

Jika kontak menghilang atau tiba-tiba kosong, maka bisa dipastikan itu artinya kita telah sign out atau keluar dari BBid, entah disengaja ataupun tidak. Hal ini bisa terjadi ketika kita melakukan clear data pada aplikasi bbm atau bisa juga setelah melakukan factory reset. Solusinya mudah saja, kita hanya perlu sign in atau login kembali menggunakan email akun BBid yang telah kita buat ketika pertama kali menggunakan BBM sebelumnya. Jika telah sign in, maka daftar kontak akan muncul kembali seperti semula. Bisa dibilang, ini merupakan cara mengembalikan kontak bbm yang hilang tanpa backup di Android lewat email (karena datanya ada di BBid). Jadi, seperti yang dibilang sebelumnya, ini hanya masalah persepsi saja. Betul?
Cara upgrade bbm agar kontak tidak hilang

Namun, apa jadinya jika kita tidak ingat akun atau password BBid kita? Kita semua pasti tahu jika pendaftaran BBid menggunakan email. Jika kita masih ingat email pendaftaran BBid dulu, maka kita bisa menggunakan fasilitas “lupa password” agar kata sandi akun BBid direset kembali. Sayangnya, tidak ada jalan lain jika kita lupa dua-duanya (email dan BBid). Kalau sudah begitu, terus mesti gimana dong? Good bye, silahkan bikin BBid yang baru.

Tidak ada salahnya juga jika kita membackup data kontak yang ada. Ini untuk jaga-jaga jika kita sampai lupa akun BBid beserta akun emailnya. Jadi, walaupun kita telah membuat BBid yang baru, maka kita tetap dapat merestore kontak bbm yang lama sekalipun BBid nya telah berganti. Cara ini terbilang praktis, terutama bagi mereka yang memiliki banyak kontak. Bisa dibayangin kan capeknya kalau mesti menambahkan kontak satu per satu. Selain itu juga harus nanya kembali ke kawan-kawan kita berapa pin nya, wah makin repot lagi deh.
Cara mengembalikan kontak bbm yang hilang tanpa backup

Gimana? Pasti nggak ada lagi pertanyaan bagaimana cara upgrade bbm tanpa menghilangkan kontak bukan? Ingat, ini hanya berlaku untuk ponsel dengan sistem operasi Android saja. Jika menggunakan hp Blackberry lama, maka akan berbeda. Untuk mencegah terjadinya daftar kontak yang hilang di hp Blackberry, maka wajib backup contact list. Kalau terjadi masalah, tinggal di restore saja datanya. Menu backup dan restore ini bisa ditemukan didalam aplikasi BBM itu sendiri.

Bagaimana Pendapat Anda?